\

Monday, October 27, 2014

Enzim-Enzim Yang Dihasilkan Oleh Organ Pencernaan



Enzim-Enzim Yang Dihasilkan Oleh Organ Pencernaan
A. Mulut (kelenjar ludah / sallva)

1.      Enzim ptialin(amilase) dihasilkan oleh kelenjar ludah ( parotis ) di mulut dan kelenjar pankreas .  Enzim amilase  berfungsi untuk memecah molekul amilum ini menjadi sakarida dengan molekul yang lebih sederhana yaitu maltosa.
B. Lambung (kelenjar lambung)
1.            Enzim renin : dihasilkan oleh kelenjar di dinding lambung. Fungsi enzim renin untuk mengendapkan kasein dari air susu. Kasein merupakan protein susu, sering disebut keju. Setelah kasein diendapkan dari air susu maka zat dalam air susu dapat dicerna.
2.            Enzim pepsin  dihasilkan oleh kelenjar di lambung berupa pepsinogen . Selanjutnya pepsinogen bereaksi dengan asam lambung menjadi pepsin . Cara kerja enzim pepsin yaitu : Enzim pepsin memecah molekul protein yang kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana yaitu pepton . Molekul pepton perlu dipecah lagi agar dapat diangkut oleh darah. Enzim pepsin memiliki fungsi merubah protein yang diserap tubuh menjadi pepton. Enzim pepsin bertugas untuk memecah protein kompleks agar menjadi molekul sederhana yang disebut pepton.
3.            Enzim lipase pada lambung merupakan enzim yang bekerja pada zat lemak dan mampu mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol
C. Pankreas (saluran pangkreas)
1.Enzim Karbohidrase Pankreas berfungsi untuk mencerna amilum menjadi maltosa atau disakarida lainnya.
2.Enzim Lipase Pankreas Enzim Lipase dihasilkan oleh kelenjar pankreas dan kemudian dialirkan ke dalam usus duabelas jari (duodenum). Fungsi enzim lipase untuk mengubah lemak (lipid)menjadi asam lemak dan gliserol
3.Enzim Tripsin dihasilkan oleh kelenjar pancreas dan dialirkan ke dalam usus dua belas jari  (duodenum ). Cara kerja enzim tripsin yaitu : Asam amino memiliki molekul yang lebih sederhana jika dibanding molekul pepton . Molekul asam amino inilah yang diangkut darah dan dibawa ke seluruh sel yang membutuhkan. Selanjutnya sel akan merakit kembali asam amino-asam amino membentuk protein untuk berbagai kebutuhan sel.  enzim tripsin berfungsi untuk mengubah pepton menjadi asam amino. Enzim tipsin disereksi ke dalam duodenum. Di sana, ia bertugas untuk menghidrolisis peptide menjadi asam amino. Kerja enzim tripsin memungkinkan terserapnya protein oleh tubuh (usus).
D. Usus (kelenjar usus) Enzim Yang Dihasilkan Di Usus Halus
Enzim Maltase terdapat di usus dua belas jari, berfungsi memecah molekul maltosa menjadi molekul glukosa . Glukosa merupakan sakarida sederhana ( monosakarida ). Molekul glukosa berukuran kecil dan lebih ringan dari pada maltosa, sehingga darah dapat mengangkut glukosa untuk dibawa ke seluruh sel yang membutuhkan.

1.       Enzim Sukrase Enzim ini berperan dalam mengubah atau menguraikan sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. Enzim sakrase dikeluarkan melalui getah usus halus manusia.

2.       Enzim erepsin Enzim ini berguna untuk mengurangi pepton menjadi asam-asam amino.enzim ini pada dasarnya meneruskan pekerjaan enzim pepsin dilambung yang mengubah zat makanan yang mengandung protein  menjadi pepton.



3.      Enzim Laktase Enzim mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa. Kedua zat yang dihasilkan tersebut, struktur  kimianya lebih simpel dan lebih mudah diterima sebagai nutrisi tubuh manusia.

4.      Enzim Enterokinase (enzim khusus) berfungsi untuk mengubah Tripsinogen menjadi Tripsin yang digunakan dalam saluran pangkreas dan mengaktifkan  erepsinogen menjadi erepsin.

5.      Enzim Paptidase  Dikeluarkan bersama getah usus halus (intestinum), peptidase mampu menguraikan ikatan peptida yang cukup kokoh menjadi asam amino (protein). berfungsi untuk mengubah polipeptida menjadi asam amino.


6.       Enzim Isomaltase Selain maltase, ada pula enzim isomaltase, yang juga dihasilkan melalui getah usus. Enzim pencernaan manusia ini mempunyai kelebihan khusus, yaitu mengubah zat maltosa menjadi komaltosa yang susunannya lebih sederhana.


7.      Enzim Peptidase Dikeluarkan bersama getah usus halus (intestinum), peptidase mampu menguraikan ikatan peptida yang cukup kokoh menjadi asam amino (protein).

8.      Enzim Ribonuklease Berperan dalam proses replikasi DNA. Enzim ribonuklease dapat menghidrolisis RNA. Enzim ribonukease juga dapat memisahkan ikatan fosfat yang saling menghubungkan nukleotida.


3 comments: