\

Sunday, October 26, 2014

materi kuliah perencanaan ,tipe dan azas-azas perencanaan




A.      Pengertian Perencanaan

Perencanaan  adalah cara berpikir mengenai persoalan-persoalan sosial dan ekonomi, terutama berorientasi pada masa datang, berkembang dengan hubungan antara tujuan dan keputusan – keputusan kolektif dan mengusahakan kebijakan dan program



B. . TIPE PERENCANAAN

1. Strategi planning : perencanaan utama meliputi perencanaan startegi umum/ pola dasar tujuan perusahaan
2. Strategi manajemen : perencanaan departementasi yang harus dilaporkan setiap tahun3.


B.  ASAS-ASAS PERENCANAAN


a.       priciple of contribution to objective Setiap perencanaan dan segala perubahannya harus     ditujukankepada percapaian tujuan

b.      principle of efficiency of plans suatu perencanaan aadalah efisien jika perencanaan itu dalam pelaksanaanya dapat mencapai tujuan dengan biaya yang sekecil-kecilnya.


c.       asas pengutamaan perencanaan,  perencanaan adalah keperluan utama para pemimpin dan fungsi-fungsi lainnya, “organizng,  staffing, directing,  dan controlling”   seorang pemimpin tidak akan dapat melaksanakan fungsi-fungsi manajemen lainnya tanpa mengetahui tujuan dan dan pedoman dalam melaksanakan kebijaksanaan.

d.      Asas pemerataan perencanaan. Asas pemerataan perencanaan memegang peranan penting,  mengingat bpemimpin pada tingkat tinggi banyak mengerjakan perencanaan dan bertanggung jawab atas  berhasilnya rencana itu. Tidak seorang manager pun yang tidak mengerjakan perencanaan.

e.       Principle of planning premise (asas patokan perencanaan ). Patokan-patokan perencanaan sangat berguna bagi ramalan,  sebab premis-premis perencanaan dapat menunjukan kejadian-kejadian yang akan datang.

f.        principle of  policy frame work ( asas kebijaksanaan pola kerja ). Kebijaksanaan ini mewujudkan pola kerja,  prosedur-prosedur kerja dan program tersusun.

g.       prinsiple of timing (asas waktu ) perencanaan waktu yangrelatif singkat dan tepat.

h.      asas tata hubungan perencanaan. Perencanaan dapat di susun dan di kordinasi dengan baik, jika setiap orang bertanggung jawab terhadap pekerjaannya dan memperoleh penjelasan yang memadai mengenai bidang yang akan di laksanakan.

i.          principle of alternatives. alternatif ada pada setiap rangkaian kerja dan perencanaan meliputi pemilihan rangkaian alternatif dalam pelaksanaan pekerjaan, sehingga sehingga tercapai tujuan yang telah diteapkan.

j.          principle of limiting faktor (asas pembatasan factor).  Dalam pemilihan alternatif-alternatif,  pertama-tama harus ditujukan pada factor-faktor yang strategis dan dan dapat membantu pemecahan masalah. Asas alternatif dan asas pembatasan faktor merupakan syarat mutlak dalam penetapan keputusan.

k.       the commitment principle (asas ketrikatan). Perencanaan harus memperhitungkan jangka waktu yang diperlukan untuk pelaksanaan pekerjaan.

l.          the principle of plexibility. Perencanaan yang efektif memerlukan fleksibelitas,  tetapi tidak berarti mengubah tujuan.

m.     the principle of navigation change. (asas ketetapan arah). Perencanaan yang efektif memerlukan pengamatan yang terus menerus terhadap kejadian-kejadian yang timbul dalam pelaksanaannya untuk mempertahankan tujuan.

n.       principle of strategis planning ( asas perencanaan strategis ). Dalam kondisi tertentu manager harus memilh tindakan yang diperlukan untuk menjamin pelaksanaan perencanaan agar tujuan tercapi dengan efektif.

0 comments:

Post a Comment