\

Monday, October 27, 2014

pengertian Semangat Kerja dan ciri-cirinya



Semangat Kerja

           
Semangat kerja merupakan dorongan kepada seseorang untuk giat bekerja. Dorongan tersebut berasal dari dirinya sendiri atau dari luar.
          Berikut ini contoh dorongan semangat kerja dari dalam. Semangat kerja diperlukan oleh kita agar memperoleh hasil sesuai yang diinginkan. Jika ingin pintar, maka kita harus belajar. Sedangkan jika ingin sehat, maka kita harus rajin berolahraga.
Orang yang malas bekerja hasil kerjanya tidak sempurna. Hasil kerja yang tidak baik menyebabkan tidak dipercaya orang lain. Dapat juga dipecat dari pekerjaannya. Agar kita tidak seperti contoh di atas, dalam bekerja kita harus memiliki semangat kerja. Dengan keterampilan yang dimiliki, kita harus berusaha bekerja sebaik-baiknya.Orang yang mempunyai semangat kerja akan bekerja keras.
Berikut ini ciri-ciri semangat kerja:

1. Kerja Keras
Orang yang memiliki semangat kerja, akan bekerja keras. Dia tidak mudah menyerah bila gagal. Selalu berusaha dengan sebaik-baiknya.

Ciri-ciri pekerja keras:
a. Kesulitan tidak membuat berhenti bekerja.
b. Mencari cara kerja baru.
c. Tidak malu bertanya
2. Disiplin

Orang yang memiliki semangat kerja tentunya memiliki sikap disiplin. Disiplin merupakan bentuk perhatian terhadap waktu. Dia akan menghargai waktu. Dia tidak mudah mengingkari janji yang telah diberikan.
Ciri-ciri orang yang disiplin:
a. Tepat waktu
b. Tidak mengingkari janji
3. Jujur
Orang yang memiliki semangat kerja akan bersikap jujur. Jujur adalah berkata dan berbuat apa adanya, tidak mengada-ada. Orang yang jujur mau mengakui kekurangannya.
Ciri-ciri orang yang jujur:
a. Mau mengakui kekurangan
b. Tidak takut diolok-olok
c. Selalu mematuhi aturan

0 comments:

Post a Comment