\

Monday, October 27, 2014

PERBEDAAN IMUNISASI AKTIF DAN PASIF



PERBEDAAN IMUNISASI AKTIF DAN PASIF

Imunisasi aktif adalah pemberian kuman atau racun kuman yang sudah dilemahkan atau dimatikan dengan tujuan untuk merangsang tubuh memproduksi antibodi sendiri. Contohnya adalah imunisasi polio atau campak. Sedangkan imunisasi pasif adalah penyuntikan sejumlah antibodi, sehingga kadar antibodi dalam tubuh meningkat. Contohnya adalah penyuntikan ATS (Anti Tetanus Serum) pada orang yang mengalami luka kecelakaan. Contoh lain adalah yang terdapat pada bayi yang baru lahir dimana bayi tersebut menerima berbagai jenis antibodi dari ibunya melalui darah placenta selama masa kandungan, misalnya antibodi terhadap campak.

Perbedaan yang penting antara jenis imunisasi aktif dan imunisasi pasif ialah: (1) Untuk memperoleh kekebalan yang cukup, jumlah zat anti dalam tubuh harus meningkat; pada imunisasi aktif diperlukan waktu yang agak lebih lama untuk membuat zat anti itu dibandingkan dengan imunisasi pasif. (2) Kekebalan yang terdapat pada imunisasi aktif bertahan lama (bertahun-tahun), sedangkan pada imunisasi pasif hanya berlangsung untuk 1 – 2 bulan.

Hapten : Merupakan suatu determinant site yang lepas dari strukturantigen. Hapten hanya dapat berikatan dengan antibody apabila disuntikkan ke dalam tubuh.
 antibodi poliklonal lebih murah, karena mereka yang lebih sederhana untuk menghasilkan. Hewan yang disuntikkan dengan substansi bunga. Hewan-hewan memproduksi antibodi, yang dilepaskan ke dalam darah. Serum dikumpulkan dari binatang. Antibodi ini kemudian diisolasi dari serum.
Antibodi monoklonal memerlukan teknologi yang lebih kompleks dan dengan demikian lebih mahal untuk diproduksi. sel yang memproduksi antibodi (sel B) dari limpa binatang imunisasi melebur secara satu-ke-satu dengan sel B awalnya diperoleh dari sebuah kanker sel B. Sel-sel kanker tidak menghasilkan antibodi sendiri. The hibridoma yang dihasilkan adalah abadi seperti sel kanker, tetapi juga menghasilkan antibodi. hibridoma ini tumbuh dalam kultur untuk mendapatkan banyak sel yang memproduksi antibodi identik. Antibodi yang dipanen dari medium.

Berikut perbedaan Antibodi Monoklonal dan Poliklonal:
- Antibodi yang diperoleh dari produk satu klon limfosit disebut sebagai antibodi monoklonal,
Sehingga antibodi monoklonal hanya memiliki spesifisitas terhadap epitop tertentu.
 - Antibodi-antibodi yang berasal dari produksi berbagai klon disebut sebagai
antibodi poliklonal.

Kesimpulan : antibodi monoklonal adalah produk bioteknologi modern lanjutan dari produk antibodi bioteknologi modern bernama antibodi poliklonal yang mampu menanggapi masuknya substansi asing dengan spesivitas yang luar biasa.



HAPTEN DAN PEMBAWANYAAntigen adalah zat-zat asing yang pada umumnya merupakan proteinyang berkaitan dengan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh.Beberapa berupa polisakarida atau polipeptida, yang tergolong makromolekuldengan BM > 10.000. Antigen bertindak sebagai benda asing atau nonself olehseekor ternak dan akan merangsang timbulnya antibodi.Antibodi merupakan protein-protein yang terbentuk sebagai responterhadap antigen yang masuk ke tubuh, yang bereaksi secara spesifik denganantigen tersebut. Konfigurasi molekul antigen-antibodi sedemikian rupasehingga hanya antibodi yang timbul sebagai respon terhadap suatu antigentertentu saja yang cocok dengan permukaan antigen itu sekaligus bereaksidengannya.Secara etimologi hapten merupakan suatu zat bukan protein yangbertindak sebagai antigen dengan mengkombinasikan ikatan tertentu padaantibodi. Tidak seperti antigen sejati, hapten tidak merangsang pembentukanantibodi (Anonim, 2011).Hapten merupakan suatu zat yang mampu bereaksi dengan antibodispesifik tetapi tidak dapat merangsang pembentukan antibodi kecuali terikatdengan protein pembawa atau molekul lain. Disebut juga antigen yang tidak lengkap.Hapten adalah molekul kecil yang dapat menciptakan responkekebalan ketika terikat pada µpembawa besar¶ seperti protein. µPembawa¶mungkin tidak bisa menciptakan respon kekebalan tubuh sendiri. Padaumumnya, hanya molekul besar, unsur yang dapat menular dengan cepat, atauzat asing yang tidak dapat larut dalam air yang dapat menciptakan responkekebalan pada tubuh.Suatu zat yang non-imunogenik tetapi yang dapat bereaksi dengan produk respon imun spesifik. Haptens adalah molekul kecil yang tidak pernah bisamerangsang respon kekebalan bila diberikan oleh mereka sendiri tetapi yang
 
              

          bisa ketika digabungkan ke molekul pembawa. Haptens Gratis, bagaimanapun,dapat bereaksi dengan produk respon imun setelah produk tersebut telahdiperoleh. Haptens memiliki sifat imunogenitas antigenisitas tapi tidak.( GeneMayer,2009)Contoh terkenal dari hapten adalah urushiol, yang merupakan racunyang ditemukan dalam tanaman Ivy. Ketika diserap melalui kulit dari tanamanberacun ivy, urushiol mengalami oksidasi dalam sel kulit untuk menghasilkanhapten aktual, molekul reaktif disebut kuinon yang kemudian bereaksi denganprotein kulit untuk membentuk adduct hapten. Biasanya paparan pertamahanya menyebabkan sensitisasi, di mana ada proliferasi sel B mampumembuat antibodi untuk aduk hapten. Setelah paparan detik kemudian, sel-selB berproliferasi dapat menjadi aktif, menghasilkan reaksi kekebalanmenghasilkan lepuh khas paparan poison ivy.Beberapa haptens dapat menyebabkan penyakit autoimun. Contohnyaadalah hydralazine, tekanan darah obat penurun yang kadang-kadang dapatmenghasilkan obat-induced lupus eritematosus pada individu tertentu.Dupuis dan Benezra membagi jenis -jenis hapten berdasarkan fungsinyayaitu:1.

Asam, misalnya asam maleat.2.

Aldehida, misalnya formaldehida.3.

Amin, misalnya etilendiamin, para-etilendiamin.4.

Diazo, misalnya bismark-coklat, kongo- merah.5.

Ester, misalnya Benzokain6.

Eter, misalnya benzil eter 7.

Epoksida, misalnya epoksi resin8.

Halogenasi, misalnya DNCB, pikril klorida.9.

Quinon, misalnya primin, hidroquinon.10.

Logam, misalnya Ni2+, Co2+,Cr2+, Hg2+.11.

Komponen tak-larut, misalnya terpentin

0 comments:

Post a Comment